..dateHeader/>

Resep dan Cara Membuat Semur Tahu Tempe Lezat Khas Nusantara

Semur merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang banyak digemari oleh semua kalangan. Rasanya yang lezat dengan didominasi rasa manis dan gurih membuat siapapun merasa ingin kembali menyantapnya. Ada banyak jenis bahan yang digunakan untuk membuat semur yang lezat. Dan pada kali ini kita akan membahas mengenai resep semur tahu dan cara membuat semur tahu tempe yang lezat dengan proses pembuatan yang tidak terlalu rumit.

Bumbu utama yang digunakan pada masakan jenis semur adalah kecap manis dan kemiri. Kedua bumbu tersebut merupakan bumbu yang mendominasi rasa masakan semur. Maka tak heran, jika semur memiliki rasa yang didominasi rasa manis dan gurih.

Resep Semur Tahu, Cara Membuat Semur Tahu
Ilustrasi
Pembuatan semur sebenarnya tidak terlalu rumit, namun memang dibutuhkan pengalaman untuk mendapatkan hasil terbaik dan pas dengan selera. Beberapa kali percobaan biasanya akan membuat seseorang yang baru belajar masak sekalipun dapat menguasai pembuatan masakan semur. Dan memang kesabaran dibutuhkan, karena pembuatan semur memerlukan waktu yang relatif agak lama dikarenakan bumbu-bumbu yang terdapat pada kuah tidak akan meresap sepenuhnya jika proses pemasakan terlalu singkat.

Resep Semur Tahu dan Cara Membuat Semur Tahu Tempe Lezat

Untuk membuat semur, ada beberapa bahan yang harus disiapkan, diantaranya berbagai macam bumbu yang diperlukan dan tentunya bahan utama yaitu tahu tempe. Untuk lebih jelasnya, mari kita susun dalam bentuk daftar.

Bahan Membuat Semur Tahu Tempe

  • Tahu kulit / tahu matang. Tahu ini biasa dijual dalam bentuk kemasan plastik isi 10 biji dan sudah dalam keadaan matang / sudah melalui proses penggorengan.
  • Tempe 1 buah. Biasanya memiliki berat antara 250-400 gram untuk ukuran sedang tergantung penjual. Potong tempe terlebih dahulu sesuai selera namun jangan terlalu kecil agar tidak hancur saat dimasak. Potonglah kira-kira sebesar ukuran tahu agar ukurannya sesuai.

Bumbu Membuat Semur Tahu Tempe

  1. 1 Lengkuas kira-kira panjang 2-3 cm, dimemarkan
  2. 1-2 Tangkai serai, dimemarkan
  3. 1 Jahe kira-kira 1cm, dimemarkan
  4. 1 Tomat ukuran sedang dipotong dadu
  5. 1/2 Sdt pala bubuk
  6. 1/2 Sdt kayu manis bubuk
  7. 1 Butir cengkeh (opsional untuk penguat aroma)
  8. 2-3 Lembar daun salam
  9. Kecap manis secukupnya
  10. Garam dan penyedap rasa secukupnya

Tambahan

  • Air kira-kira 1 liter
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu  yang Dihaluskan Terlebih Dahulu

  1. 6 Siung Bawang merah
  2. 4 Siung Bawang putih
  3. 5 Butir Kemiri

Cara Membuat Semur Tahu Tempe

  1. Pastikan semua bumbu telah siap, kemudian panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus terlebih dahulu bersama dengan daun salam, lengkuas, jahe dan serai yang telah dimemarkan. Tumis bumbu sampai tercium bau harum.
  2. Masukkan tomat yang telah dipotong dadu, tumis sebentar hingga tomat layu.
  3. Masukkan sedikit air kedalam tumisan, kemudian masukkan bahan utama tahu tempe kedalamnya dan tambahkan air lagi secukupnya hingga agak terendam.
  4. Tambahkan garam dan penyedap rasa, kecap manis, pala bubuk, kayu manis bubuk serta cengkeh (opsional) dan masak dengan api sedang sambil ditutup agar bumbu meresap sempurna.
  5. Masak semur selama sekitar 20 menit hingga air yang tersisa tinggal sekitar sepertiganya dan cicipi komposisi bumbu, jika kurang asin atau kurang manis kalian bisa menambahkan kecap dan garam dan masak kembali hingga air berkurang atau seperempat dari jumlah semula.
  6. Semur tahu tempe siap diangkat dan dihidangkan.
Catatan : 
  • Untuk kalian yang belajar memasak, penambahan garam dapat dilakukan dua kali. Pada pembubuhan garam yang pertama saat air pada masakan masih merendam semur, jangan terlalu banyak agar semur tidak keasinan karena air akan berkurang banyak. Jika kurang asin, tambahkan kembali garam pada saat air sudah menyusut atau kira-kira 5 menit sebelum api dimatikan.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik dimana bumbu meresap sempurna seperti semur buatan orang tua jaman dahulu, proses pemasakan dilakukan dengan dua kali penambahan air. Setelah air menyusut, tambahkan air dan masak kembali hingga air menyusut kembali. Dengan cara ini dijamin bumbu meresap sempurna.
Demikian resep dan cara membuat semur tahu tempe yang lezat dan gurih. Pembuatannya memang tidak susah dan kalian yang pertama kali membuatnya pun pasti bisa dan dapat mencicipi semur buatan sendiri. Untuk hasil terbaik dan mendapatkan rasa yang pas, lakukan eksperimen dengan berbagai variasi masakan semur.

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar